7 Tips Agar Puasa Tetap Fit

Diposting oleh Unknown on Selasa, 08 Juli 2014


Selama bulan suci Ramadan, seluruh umat Islam di dunia akan menunaikan ibadah puasa. Agar kamu terhindar dari lesu dan lemas saat puasa, kamu bisa melakukan beberapa tips kesehatan untuk mendukung kondisi tubuhmu. Puasa biasanya diidentikkan dengan masalah kesehatan seperti dehidrasi dan kurang energi. Nah, berikut ini adalah sepuluh tips agar tetap bugar saat menjalankan puasa, seperti dikutip dari merdeka.com

1. Check up
Sebelum berpuasa, kamu yang menderita masalah kesehatan tertentu atau lambung sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter tentang kondisi kesehatanmu. Hal ini untuk menghindari adanya keluhan seputar kesehatan yang nantinya kamu rasakan ketika puasa.

2. Merencanakan jadwal menu
Rencanakan jadwal menu untuk berbuka puasa dan sahur untuk memastikan kamu tetap mendapatkan nutrisi yang tepat selama berpuasa.

3. Menu saat sahur
Konsumsi makanan yang kaya karbohidrat kompleks dan protein, buah-buahan atau sayuran, dan perbanyak minum air.

4. Hindari tempat yang terlalu panas
Hindari terlalu lama berada di tempat panas karena itu dapat membuat kamu merasa dehidrasi. Berdiamlah di dalam ruangan atau di tempat yang teduh dan batasi aktivitas fisik. Beristirahatlah jika memungkinkan.

5. Hindari berbuka puasa dengan makan berlebihan
Berbuka puasa dengan kurma dan air sudah cukup untuk mengisi perutmu. Setelah shalat maghrib, lanjutkan dengan makan makanan ringan. Kemudian perbanyak minum air putih.

6. Makan saat malam
Pada malam hari (setelah maghrib), kamu bisa menyantap makan malam yang sehat dan seimbang. Jangan makan berlebihan, dan pastikan untuk minum beberapa gelas air.

7. Hindari minuman tidak sehat
Saat malam, tahan godaan untuk minum teh, kopi, atau soda. Perbanyak minum air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.